Tips Modifikasi Motor Vario Terbaru 2017

Saat ini sangat banyak modifikasi motor termasuk modifikasi Vario. Jangan heran bila dunia modifikasi menjamur akhir-akhir ini. Memang sebagian besar peminat modifikasi adalah remaja laki-laki, namun tidak menutup kemungkinan setiap orang dari latar belakang apapun tertarik untuk memodifikasi kendaraannya. Vario merupakan salah satu motor matik yang paling digemari anak muda di Indonesia.

modifikasi motor vario

Hal ini didukung dengan tingkat penjualan Vario yang cukup tinggi. Motor ini segera menarik minat khalayak terutama anak muda ketika pertama kali dipasarkan. Vario memiliki kesan berkendara tersendiri, selain irit motor ini juga mudah diajak berakselerasi dan memiliki model yang menarik. Alasan-alasan inilah yang menjadi salah satu faktor kebanyakan peminat modifikasi motor menggunakan Vario sebagai ’kelinci percobaan’.

Lalu apa saja hal yang menarik yang perlu diperhartikan seputar modifikasi motor Honda Vario?

Modifikasi Vario Simpel Namun Menarik

Modifikasi Vario murah disini. Ada beragam jenis modifikasi Vario yang dapat anda pilih. Namun bila anda baru kali ini ingin melakukan modifikasi pada motor anda, maka sebaiknya anda memilih jenis modifikasi ringan untuk Vario anda. Banyak pilihan tema untuk memodifikasi Vario anda, namun yang menarik adalah anda dapat memilih jenis modifikasi yang simpel tapi menarik. Banyak sekali referensi tentang modifikasi simpel namun menarik yang bisa anda dapatkan melalui tabloid, majalah, bahkan internet.

Anda bisa mencari model atau selera modifikasi yang sesuai dengan keinginan anda. Inti dari modifikasi simpel dan menarik ini adalah anda tidak perlu menggunakan pernak-pernik aksesoris motor yang terlalu banyak. Anda hanya diminta untuk melakukan perubahan simpel seperti memberi scotlight untuk menutupi body stripping kendaraan agar terlihat lebih elegan, mengganti spion, mengganti handgrip, menambahkan tutup radiator dan mesin, mengganti bungkus jok dengan bahan semi kulit, dan lain sebagainya. Penting untuk anda ingat adalah tetap usahakan batas-batas wajar modifikasi pada motor anda.

Mengganti Knalpot Sebagai Salah Satu Bentuk Modifikasi Vario

Muffler atau knalpot adalah komponen yang paling sering diganti oleh peminat modifikasi motor. Sah-sah saja untuk mengganti muffler atau knalpot asalkan tidak menggangu performa dari motor anda, dan hal yang paling penting adalah tidak mengganggu kenyamanan orang lain dengan mengganti knalpot yang bising. Knalpot dengan tingkat kebisingan yang tinggi sangat tidak dianjurkan sebagai salah satu bentuk Modifikasi Vario anda. Hal ini telah dilarang oleh kepolisian, dan tentu saja anda tidak ingin disumpah-serapahi oleh banyak orang karena suara knalpot anda yang sangat berisik.

Bila anda tetap ingin mengganti knalpot, gantilah dengan produk yang masih dalam ambang batas kewajaran. Bila ingin mengganti knalpot, jangan lupa untuk men-setting kembali mesin anda untuk disesuaikan dengan knalpot baru karena setiap knalpot memiliki nilai kompresi yang berbeda-beda. Anda dapat menemukan beragam bentuk knalpot untuk Honda Vario di toko-toko penjual aksesoris terdekat.

Ide Modifikasi Motor Vario

Modifikasi Vario apa yang menurut anda paling cocok untuk diaplikasikan? Ada begitu banyak contoh modifikasi untuk motor Vario, namun tentu saja tidak semua modifikasi sesuai dengan selera modifikasi anda. Bila anda sudah terbiasa melakukan modifikasi motor, tentu anda sudah tidak bingung lagi ketika ingin memilih konsep modifikasi motor terutama untuk Vario.

Namun bagi anda yang belum pernah melakukan modifikasi baik modifikasi ringan atau berat sekalipun, maka anda harus pintar-pintar dalam memilih. Tidak semua referensi modifikasi motor dapat diaplikasikan untuk motor Vario anda. Hal pertama yang harus anda cermati bila ingin melakukan modifikasi untuk Vario anda adalah tetap pertahankan fungsi-fungsi dasar dari aksesoris motor. Conohnya, pada ban dan velg motor. Tetap gunakan ban dan velg yang memiliki standar keamanan tinggi, demi kebaikan anda. Jangan berkompromi dengan harga ban dan velg motor yang murah.

Contoh modifikasi vario terbaru

Modifikasi Vario yang Tidak Bertanggung-jawab

Ada begitu banyak jenis modifikasi motor, tak terkecuali untuk modifikasi Vario. Namun sayangnya banyak orang yang melakukan modifikasi dengan sembarangan tanpa mempedulikan tentang fungsi-fungsi utama komponen sepeda motor. Seperti contoh, banyak sekali modifikator yang memaksakan diri untuk membuat motor Vario mereka menjadi serendah mungkin. Ini biasanya dilakukan oleh penggemar motor ceper. Namun bila diperhatikan dalam sudut pandang estetika berkendara maupun kenyamanan dan keselamatan berkendara, hal ini sangat mengganggu.

Banyangkan bila anda memiliki motor matik dengan jarak ke permukaan tanah hanya 3 sentimeter? Tentu ini akan sangat mengganggu perjalanan anda. Hal ini akan terlihat wajar bila anda memodifikasi motor anda menjadi ceper dengan tujuan kontes tanpa penggunaan sehari-hari. Tapi hal ini sangat tidak direkomendasikan, seandainya anda menggunakan motor ceper anda untuk transportasi harian. Selain anda merasakan ketidaknyamanan, anda juga membahayakan pengendara motor atau pengemudi roda empat karena posisi motor anda yang terlalu rendah sehingga luput dari pantulan kaca spion mereka.

Banyak kejadian yang mencatat pemilik motor ceper meninggal karena motornya diserempet oleh pengendara lain yang tidak mengetahui posisi motor mereka karena terlalu rendah posisinya.

Pertimbangan Sebelum Melakukan Modifikasi Vario

Anda sangat dianjurkan untuk memperhatikan segi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan dalam memodifikasi motor anda. Sebaiknya hindari modifikasi motor ekstrem apabila anda masih ingin membawa motor anda untuk aktivitas harian. Namun bagi anda yang ingin menerapkan modifikasi Vario ekstrem untuk kontes atau kompetisi, maka hal itu tidak dilarang. Intinya adalah anda harus mempertanggung-jawabkan hasil karya modifikasi motor anda.

Anda perlu tahu tujuan dari modifikasi yang anda lakukan. Sebelum melakukan beberapa modifikasi untuk Vario anda, jangan lupa untuk bertanya ke diri sendiri tentang segi kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dari motor yang telah dimodifikasi. Bijaklah dalam menentukan modifikasi yang akan anda lakukan terhadap motor anda.

Jangan sampai modifikasi ini menyebabkan nyawa anda terancam atau anda kehilangan kenyamanan dalam berkendara. Jadi, jenis modifikasi apapun anda harus mempertimbangkannya dengan seksama.

Leave a comment